Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Sunday, 29 May 2016

Hewan yang diharamkan karena menjijikan

Hewan yang diharamkan karena menjijikan. Salah satu kaidah Islam yang juga berlaku dalam memilih dan memilah binatang yang halal dan binatang yang haram adalah kaidah bahwa segala binatang yang menjijikkan maka hukumnya haram untuk dimakan, hal ini berdasarkan dalil dari al-Quran bahwa memang dilarang memakan hewan atau binatang yang menjijikkan. Baca Juga : Binatang yang halal untuk dimakan dalam islam
Hewan yang diharamkan karena menjijikan

Di antara binatang-binatang yang termasuk dalam binatang yang al-Khbaa’its atau menjijikkan adalah sebagai berikut:

1. Tikus

Tikus termasuk dalam al-Khaba’its atau binatang yang menjijikkan, hal ini karena tikus termasuk hewan yang makanannya adalah kotoran-kotoran sehingga dikala disebutkan hewan ini, manusia akan otomatis jijik dengannya apalagi untuk memakannya. Selain itu juga tikus termasuk pula dalam hewan yang diperintahkan untuk dibunuh selain kalajengking, gagak, anjing galak dan juga cicak. Satu hal yang harus diperhatikan bahwa makanan yang dimakan oleh manusia sebagaimana dikatakan oleh banyak orang akan berpengaruh kepada karakter dan tabiat manusia itu, jika hewan yang dimakannya memiliki sifat yang jelek maka sifat itu akan berpindah kepada orang yang memakan hewan yang punya sifat jelek itu, itulah salah satu hikmah dilarangnya kita memakan binatang yang menjijikkan dalam Islam. 

Baca :

2. Bekicot

Sebagian ulama Islam menyebutkan bahwa binatang yang bernama bekicot ini termasuk dalam al-Khba’its atau hehan menjijikkan yang tidak boleh dimakan, memang secara sepintas lalu terlihat hewan ini menjijikkan jika dilihat. Dari itu sebagaian ulama memasukkan binatang ini dalam hewan yang diharamkan karena menjijikkan.

3. Cacing ataupun Ulat

Sebagaimana halnya bekicot, sebagaian ulama fiqih Islam juga melarang memakan cacing dan ulat ini dikarenakan termasuk menurut mereka dalam hewan yang khaba’its atau menjijikkan sehingga diharamkan untuk dimakan, terkecuali jika ulat itu mengikut pada makanan yang kita makan seumpama sayuran, terkadang dihuni oleh jenis ulat tertentu, maka hal ini dimaafkan karena sebagaimana kaidah fiqih yang mengatakan “at-Tabi’ taabi’” yang mengikuti itu hukumnya sama dengan yang ia ikuti, dalam hal ini ulat yang jumlahnya sedikit yang menempel pada sayuran maka hukumnya mengikuti hukum makan sayuran itu yaitu boleh. Allahu a’lam.

4. Babi

Selain dalail yang sudah jelas dan terang mengenai keharaman memakan babi ini dalam al-Quran, dalil lainnya adalah bahwa hewan ini (babi) juga termasuk dalam hewan yang menjijikkan karena kehidupannya yang bisa dibilang jorok dan menjijikkan.

5. Anjing

Selain karena memiliki taring yang dipakai untuk menerkam, hewan yang satu ini juga terkenal menjijikkan bahkan banyak diketahui bahwa anjing memakan kotoran manusia dan juga bangkai, oleh karena itu hukum memakan anjing adalah haram.

Demikian yang bisa kami sampaikan saat ini ke hadapan anda seputar hewan yang diharamkan karena menjijikkan, semoga ada manfaatnya bagi kita semua terutama bagi ummat Islam.

Hewan yang diharamkan karena menjijikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 komentar:

Post a Comment