Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Saturday, 28 May 2016

Binatang yang haram dimakan karena dilarang membunuhnya

Binatang yang haram dimakan karena dilarang membunuhnya.Setelah kami menuliskan artikel tentang binatang-binatang yang halal dan haram, kali ini kami akan lanjutkan dengan menyebutkan beberapa binatang yang binatang yang haram dimakan karena dilarang membunuhnyam binatang-binatang ini adalah diharamkan oleh Allah dikarenakan memang membunuhnya dilarang berdasarkan hadits-hadits Nabi yang shahih, dalam riwayat yang shahih Nabi mengharamkan untuk dibunuh 4 hewan atau binatang, binatang-binatang itu adalah Semut, Lebah, Burung Hudhud dan burung Surad. Dan dalam riwayat lain disebutkan lagi binatang yang haram dibunuh sehingga juga haram dimakan yaitu kodok.
Binatang yang haram dimakan karena dilarang membunuhnya

Untuk menjelaskan lebih detail tentang-binatang yang haram dimakan karena memang dilarang membunuhnya ini, berikut kami sampaikan ulasan ringkasnya:

1. Semut

Binatang yang satu ini dilarang membunuhnya karena termasuk binatang bersahabat yang disebutkan dalam al-Qur’an dalam kisah Nabi Sulaiman yang ingin melewati sebuah jalan dan kebetulan ada sekelompok semut yang juga ingin menyebrang jalan, bahkan nama hewan ini (an-Naml) menjadi salah satu nama sebuah surat dalam al-Quran yaitu surat an-Naml (kata bahasa arab yang artinya semut) semut termasuk hewan kecil yang hidup berkelompok dalam jumlah yang banyak, semut memiliki jenis dan spesies yang banyak, terkecuali apabila semut itu mengganggu maka sepertinya tak mengapa kita membunuhnya.

2. Burung Hudhud

Burung hud-hud termasuk hewan yang dilarang untuk dimakan (haram dimakan) karena memang dilarang membunuhnya, hewan ini juga termasuk hewan yang disebutkan namanya dalam al-Qur’an, walaupun tak menjadi salah satu nama surat dalam al-Quran, akan tetapi cukuplah bagi burung hudhud disebutkan namanya dalam kisah Nabi Sulaiman ketika burung hudhud terlambat datang memenuhi panggilan Nabi Sulaiman, setelah burung ini datang Nabi Sulaimanpun menanyakan mengenai sebaba keterlambatannya, burung hudhud berargumen bahwa ternyata sebab kedatangannya yang terlambat itu karena ia menyaksikan disebuah tempat ada seorang ratu yang menyembah matahari, kelak ratu ini (konon namanya adalah ratu Bilqis) mendatangi Nabi Sulaiman dalam keadaan menyerah dan mengikuti agama Tauhid yang dianut oleh Nabi Sulaiman.

3. Lebah

Lebah termasuk hewan istimewa yang memproduksi madu yang dikenal luas dengan manfaatnya yang luar biasa, bahkan Nabi Muhammad menyebutkan bahwa pengobatan itu ada tiga atau empat macam, beliau menyebutkan salah satunya adalah dalam al-Asal (kata bahasa arab yang artinya : madu), hewan ini termasuk hewan yang jinak dan tidak mengganggu manusia, kecuali apabila ia yang terlebih dahulu diganggu maka ia akan balik membalas dan mengejar orang yang mengganggunya. O ya hewan ini juga disebutkan namanya sebagai nama salah satu surat dalam al-Quran yaitu surat an-Nahl (lebah).

4. Burung Surad

Surad ini adalah salah satu jenis burung termasuk dalam bangsa dan spesies Laniidae. Ia termasuk binatang yang haram dimakan karena dilarang membunuhnya.

5. Kodok

Sebagian orang kita temukan memburu kodok (biasanya di malam hari) untuk dijadikan bahan makanan (saya pernah mendengar bahwa kodok yang ditangkap itu dijadikan kerupuk, kerupuk kodok), padahal binatang ini termasuk binatang yang tak boleh dimakan karena dilarang membunuhnya, suatu hari baginda Nabi ditanya mengenai hukum menjadikan kodok sebagai obat, maka dijawab bahwa kodok dilarang untuk dibunuh.

Demikian dulu apa yang bisa saya tulis dan ulas untuk anda saat ini mengenai binatang yang dilarang oleh Islam untuk dibunuh atau tepatnya binatang yang haram dimakan karena dilarang membunuhnya, semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di artikel lainnya. Baca Artikel Lain : Binatang yang haram dimakan dalam Islam . Binatang yang halal dimakan dalam Islam.

Binatang yang haram dimakan karena dilarang membunuhnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 komentar:

Post a Comment