Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Monday, 28 December 2015

7 provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia

provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia. Indonesia menempati posisi ke 4 setelah Cina, India dan Amerika. Dari data yang dirilis oleh CIA World Factbook pada bulan juli 2015, jumlqh penduduk Indonesia mencapai 255,993,674 jiwa. namun rerataan jumlah penduduk Indonesia tidak merata sama di 34 propinsi. pulau jawa merupakan pulau yang memiliki jumlah penduduk paling banyak di Indonesia, selanjutnya pulau sumatera, Sulawesi, Kalimantan, papua dan yang terakhir Maluku. 
7 provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia

berdasarkan dari data yang dicatat oleh Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Indonesia tahun 2010 sebanyak 237.641.326 jiwa. dan penyebaran penduduk paling banyak berada di pulau jawa, yaitu denga prosentasi 57,5 persen dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia.

7 propinsi yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia.

Indonesia saat ini memiliki 34 provinsi wilayah, namun penyebaran penduduknya tidak merata sama di setiap provinsi. berikut ini 7 privinsi yang memeiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia sebabaimana data yang telah dicatat dari Sensus Penduduk Badan Pusat Statistik atau BPS pada tahun 2010, berikut ini adalah data lengkapnya :

Propinsi Jawa Barat

Jumlah penduduk jawa barat mencapai angka 43.053.732 jiwa, dan distribusi penduduk terbanyak berdasarkan kabupaten/kota adalah kabupaten Bogor sebanyak 11,08 %. Baca Juga : nama-nama provinsi di indonesia beserta ibukotanya.

Propinsi Jawa Timur 

Propinsi Jawa timur menempati posisi ke dua dengan jumlah penduduk 37.476.757 jiwa. dan distribusi penduduk paling banyak berdasarkan kabupaten atau kota yaitu kota Surabaya sebanyak 7,38%.

Propinsi Jwa Tengah

Propinsi Jawa tengah menempati posisi ke 3 setelah jawa timur denga jumlah penduduk 32.382.667 jiwa. dan distribusi penduduk terbanyak di propinsi ini berdasarkan kabupaten atau kota adalah kabupaten Brebes sebanyak 5,35%.

Propinsi Sumatera Utara

pada urutan ke empat propinsi yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia adalah propinsi Sumatera Utara dengan jumlah penduduk 12.982.204 jiwa. dan distribusi penduduk yang paling banyak di propinsi ini berdasarkan kabupaten atau kota adalah kota Medan sebanyak 16,16%

Propinsi Banten

Pada posisi ke lima jumlah penduduk terbanyak berdasarkan propinsi adalah propinsi Banten dengan jumlah penduduk 10.632.166 jiwa. adapun distribusi terbanyak di propinsi ini berdasarkan kabupaten atau kota adalah kabupaten Tangerang sebanyak 26,66%. Artikel ini berjududl : provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia

Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta

Ibu Kota Jakarta menempati posisi ke 6 dengan jumlah penduduk sebanyak 9.607.787 jiwa, adapun distribusi penduduk terbanyak berdasarkan kabupaten atau kota adalah Kodya Jakarta Timur sebanyak 28,04%.

Propinsi Sulawesi Selatan

di posisi ke 7 jumlah penduduk terbanyak berdasarkan propinsi adalah Propinsi Sulawasi Selatan dengan jumlah penduduk sebanyak 8.034.776 jiwa. Distribusi penduduk terbanyak di propinsi ini berdasarkan kabupaten atau kota adalah kota Makassar sebanyak 16,66 %. 

Dari data ini kita dapat mengetahui bahwa jumlah penduduk terbesar di negara kita Indonesia ini terdapat di pulau jawa. Arus urbanisasi yang besar sangat mempengaruhi sebaran jumlah penduduk di negara kita ini. terutama di daerah Ibu Kota Jakarta yang mana menjadi tujuan utama arus urbanisasi, dan hal ini adalah wajar karena Jakarta merupakan Ibu Kota Negara Indonesia. 

Menurut para peneliti jumlah penduduk Indonesia pada 35 tahun kedepan dan lebih tepatnya pada tahun 2050 dapat mencapai tiga ratus juta jiwa lebih. dan Indonesia akan menjadi salah satu konsentrasi populasi terbesar di dunia selain negara India, Pakistan, Nigeria, Etiopia, Republik Demokrat Kongo, Tanzania, Uganda dan Amerika Serikat. dengan demikian dapat kita bayangkan besarnya populasi penduduk di negara kita ini pada beberapa tahun kedepan.

7 provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 komentar:

Post a Comment