Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Monday, 29 June 2015

Nama-nama Provinsi di Indonesia Beserta Ibukotanya terbaru 2016

Provinsi provinsi di Indonesia sudah mengalami banyak perubahan berikut 34 provinsi di indonesia terbaru tahun 2016 .Nama-nama Provinsi di Indonesia Beserta Ibukotanya.
Nama-nama provinsi di Indonesia beserta ibukotanya sangat banyak dan beragam. Menurut data yang ada, jumlah provinsi Indonesia saat ini adalah 34 provinsi dengan provinsi terbaru yaitu Kalimatan Utara yang beribukota di Tanjung Selor. Dan dibawah ini adalah penjelasan singkat mengenai nama-nama provinsi di Indonesia beserta dengan ibukotanya, silahkan disimak baik-baik.
Nama-nama Provinsi di Indonesia Beserta Ibukotanya
Nama-nama Provinsi di Indonesia Beserta Ibukotanya terbaru 2015

Mengenal Provinsi di Indonesia Lebih Jauh

Pengertian Provinsi

Tentunya banyak pihak yang memberikan pengertian provinsi itu sendiri, namun secara garis besar kita bisa mengartikan provinsi sebagai sebuah pemerintahan yang berada dibawah pemerintahan negara (nasional). Sebuah provinsi dikepalai oleh seorang gubernur, masa jabatannya lima tahun dan maksimal dua periode. Sebuah provinsi terdiri dari beberapa kabupaten dan kotamadya (kota).

Baca Juga : Provinsi Baru di Indonesia Yang Harus Kamu Tahu

Jumlah Provinsi di Indonesia

Ketahuilah bahwa jumlah provinsi di Indonesia senantiasa berubah seiring dengan berjalannya waktu. Pada saat kemerdekaan Republik Indonesia jumlahnya hanya 8 provinsi saja kemudian bertambah dan bertambah menjadi 27 provinsi pada akhir era orde baru. Dan saat ini pada era reformasi jumlahnya menjadi 34 provinsi dengan provinsi terbaru yang sah yaitu Provinsi Kalimantan Utara.

Nama-nama Provinsi di Indonesia

Nama-nama Provinsi di Indonesia Beserta dengan Nama Ibukotanya

  1. Provinsi Nanggro Aceh Darussalam dengan ibukotanya Kota Banda Aceh
  2. Provinsi Sumatera Utara dengan ibukotanya Kota Medan
  3. Provinsi Sumatera Barat dengan ibukotanya Kota Padang
  4. Provinsi Riau dengan ibukotanya Kota Pekan Baru
  5. Provinsi Kepulauan Riau dengan ibukotanya Kota Tanjung Pinang
  6. Provinsi Jambi dengan ibukotanya Kota Jambi
  7. Provinsi Sumatera Selatan dengan ibukotanya Kota Palembang
  8. Provinsi Bangka Belitung dengan ibukotanya Kota Pangkal Pinang
  9. Provinsi Bengkulu dengan ibukotanya Kota Bengkulu
  10. Provinsi Lampung dengan ibukotanya Kota Bandar Lampung
  11. Provinsi DKI Jakarta dengan ibukotanya Kota Jakarta
  12. Provinsi Jawa Barat dengan ibukotanya Kota Bandung
  13. Provinsi Banten dengan ibukotanya Kota Serang
  14. Provinsi Jawa Tengah dengan ibukotanya Kota Semarang
  15. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan ibukotanya Kota Yogyakarta
  16. Provinsi Jawa Timur dengan ibukotanya Kota Surabaya
  17. Provinsi Bali dengan ibukotanya Kota Denpasar
  18. Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan ibukotanya Kota Mataram
  19. Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan ibukotanya Kota Kupang
  20. Provinsi Kalimantan Barat dengan ibukotanya Kota Pontianak
  21. Provinsi Kalimantan Tengah dengan ibukotanya Kota Palangkaraya
  22. Provinsi Kalimantan Selatan dengan ibukotanya Kota Banjarmasin
  23. Provinsi Kalimantan Timur dengan ibukotanya Kota Samarinda
  24. Provinsi Kalimantan Utara dengan ibukotanya Kota Tanjung Selor
  25. Provinsi Sulawesi Utara dengan ibukotanya Kota Manado
  26. Provinsi Sulawesi Barat dengan ibukotanya Kota Mamuju
  27. Provinsi Sulawesi Tengah dengan ibukotanya Kota Palu
  28. Provinsi Sulawesi Tenggara dengan ibukotanya Kota Kendari
  29. Provinsi Sulawesi Selatan dengan ibukotanya Kota Makassar
  30. Provinsi Gorontalo dengan ibukotanya Kota Gorontalo
  31. Provinsi Maluku Ibukotanya Kota Ambon
  32. Provinsi Maluku Utara dengan ibukotanya Kota Ternate
  33. Provinsi Papua Barat dengan ibukotanya Kota Kota Manokwari
  34. Provinsi Papua dengan ibukotanya Kota Jayapura

Nah itulah penjelasan yang singkat mengenai nama-nama provinsi di Indonesia beserta dengan nama ibukotanya. Dalam artikel ini juga sebelumnya dibahas secara ringkas mengenai pengertian provinsi dan jumlah provinsi yang ada di Indonesia saat ini. Semoga dengan tulisan yang sedikit ini kita bisa mengetahui lebih dalam seputar Indonesia dan menambah kecintaan kita kepada Indonesia


Sampai sekarang ini, daerah Kalimantan Utara adalah propinsi paling baru di wilayah tanah air kita Indonesia, provinsi ini resmi di sahkan jadi propinsi dalm sebuah rapat dewan pada 2012 silam tepatnya rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat pada 25- 10- 2012 berdasarkan peraturan perundang-undangan No. 20 Thn 2012. 

Provinsi serta wilayah yang ada di tanah air kita sangat bervariasi dari segi kekayaan dan sumber daya alamnya, ada provinsi yang kaya raya dengan pendapatan daerahnya yang sangat memukau dan luar biasa namun ada juga provinsi yang tertinggal alias miskin, di bawah ini kami sajikan provinsi dan ibu kotanya dengan kekayaan yang luar biasa.

Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dengan ibu kotanya Bontang

Peringkat paling atas diisi olh sebuah provinsi yg berasal dri pulau kalimantan,yaitu sebuah provinsi yang terletak jauh di timur wilayah pulau borneo yakni kalimantan timur dengan ibu kota bernama kota bontang yang berlokasi di pinggir laut,kota bontang cuma mempunyai 3 buah kecamatan & mempunyai warga yang terhitung lumayan minim kurang lebih cuma 140 ribu orang saja.tetapi pendapatan perkapita yg di hasilkan oleh kota bontang paling tinggi di seluruh wilayah indonesia dgn kisaran pada angka dalam rupiah yaitu 368,05 juta rupiah tiap-tiap th nya. ini berarti tiap-tiap th nya tiap-tiap thn nya tiap-tiap individu penduduk kota bontang ini sanggup dengan mudah memiliki mobil baru.

Ketajiran kota bontang bisa jadi lantaran terdapat beberapa perusahaan gede yang berlokasi serta beroperasi di provinsi kaltim ini, di antaranya adalah Perusahaan pupuk terkenal yaitu merk Kaltim, kemudian perusahaan pertambangan bernama indominco yang merupakan perusahaan batu bara asing yang beroperasi sudah lama di provinsi kaltim ini dan pabrik-pabrik lainnya.

Kab. Mimika dengan ibukota Timika, Papua

Kab yang bernama Mimika ini menduduki peringkat ke dua dalm list daerah atau provinsi atau kabupaten paling kaya di tanah air kita indonesia.Kab yg beribukota di kota timika ini membukukan nilai PDB dalam Rupiah sebesar 295 juta/kapita. Di kota mimika terdapat satu buah perusahaan pertambangan paling besar di seantro indonesia,perusahaan itu adalah Freeport.

DKI Jakarta

Nominasi ketiga sebagai provinsi atau kabupaten terkaya di isi oleh Daerah Khusus Ibukota yaitu Jakarta dengan pendapatan perkapita pertahunnya mencapai 224 juta Jakarta tumbuh menjadi kota tajir disebabkan bermunculannya berbagai daerah bisnis dan perdagangan paling tersohor di Indonesia.

Artikel tentang nama provinsi disertai nama-nama ibukotanya ini telah kami update untuk tahun 2016 sekarang ini, sehingga bagi anda yang membutuhkan info seputar nama provinsi dan nama ibu kotanya masih bisa merujuk kepada artikel ini.

Demikianlah artikel kami tentang nama-nama Provinsi di Indonesia Beserta Ibukotanya. Semoga bermanfaat .

Nama-nama Provinsi di Indonesia Beserta Ibukotanya terbaru 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: vanesa

3 komentar:

  1. Wah, lumayan banyak juga ya jumlah provinsi di indonesia, dulu cuma 20-an sekarang sudah 35 provinsi

    ReplyDelete
  2. Gue baru tahu ya provinsi indonesia sekarang sudah menjadi 35, makasih atas informasinya seputar jumlah provinsi di indonesianya ya.

    ReplyDelete
  3. Apakah benar katanya Papua mau jadi provinsi baru lagi sekarang, tolong di jawab? sama apakah benar NTB ada pecahan provinsi baru lagi, mohon di jawab ya!

    ReplyDelete